Saturday, June 9, 2012

Kiat-kiat dalam Memilih dan Menggunakan Kosmetika

Tujuan penggunaan kosmetika adalah memperbaiki penampilan, tetapi ada juga kosmetika yang dapat menimbulkan efek tidak diinginkan. Oleh karena itu, konsumen harus memilih dan menggunakan kosmetika dengan benar sesuai dengan tujuan yang dikehendaki.


Berikut adalah kiat-kiat dalam memilih dan menggunakan kosmetika :
  1. Pilihlah kosmetika sesuai dengan kebutuhan, jangan terpengaruh oleh promosi dan iklan yang berlebihan. 
  2. Kenalilah jenis kulit atau rambut kita. Jika belum mengetahui jenis kulit atau rambut secara pasti, pilihlah kosmetika yang dapat digunakan untuk kulit atau rambut nomal, dapat juga menggunakan kosmetika yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit. 
  3. Perhatikan komposisi bahan dalam produk kosmetika, apakah terdapat bahan yang dapat menyebabkan alergi, iritasi atau sensitisasi. Bila ragu cobalah tester jika tersedia. Untuk produk-produk tertentu (misal pewarna rambut), hendaknya dilakukan uji kepekaan kulit sebelum memakai produk kosmetika tersebut sesuai petunjuk yang diberikan produsennya. 
  4. Pastikan kemasan kosmetika dalam keadaan baik, tidak rusak atau cacat. 
  5. Perhatikan tanggal pembuatan dan/atau batas kadaluarsa produk kosmetika yang dibeli. Hindari pemakaian kosmetika yang sudah kadaluarsa atau jika produk telah berubah warna, tekstur dan aromanya. 
  6. Pelajari kegunaan/klaim kosmetika yang ada pada kemasan ataupun brosur sesuai dengan yang dibutuhkan.  
  7. Baca dengan teliti dan ikuti cara penggunaan produk kosmetika. 
  8. Perhatikan peringatan dan perhatian yang ada dalam penandaan. 
  9. Perhatikan isi produk apakah ada perubahan warna, bau dan konsistensi produk (produk menjadi lebih encer). 
  10. Perhatikan nama dan alamat produsen atau importir dalam penandaan. Jangan membeli kosmetika yang tidak ada data produsen dan/atau importir (untuk produk impor). 
  11. Bila kosmetika digunakan lebih dari 1 kali, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan kering bila harus menyentuh dan menggunakan kosmetika. 
  12. Kosmetika yang telah dikeluarkan dari wadah (kemasan primer), tidak boleh dimasukkan kembali untuk menghindari tercemarnya kosmetika yang masih berada dalam wadah (kemasan primer). 
  13. Setelah selesai digunakan, kemasan ditutup rapat dan diletakkan pada tempat yang aman dan sesuai.. Kemasan yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan masuk dan berkembangbiaknya jamur/mikroba sehingga kosmetika menjadi rusak. Hindarkan dari jangkauan anak-anak 
  14. Bersihkan alat kecantikan seperti kuas, spons bedak dan sebagainya secara berkala. 
  15. Hindari pemakaian kosmetika dan alat kecantikan secara bersama/bergantian dengan orang lain. 
  16. Hentikan pemakaian jika terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat ^0^.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment