Friday, February 22, 2013

Cara Mengetahui Apakah Suatu Kosmetika Telah Terdaftar - edit

Berhubung tampilan situs Badan POM sudah berubah, langkah-langkah untuk mengetahui apakah suatu kosmetika terdaftar di Badan POM atau tidak yang pernah aku tulis di artikelku yang terdahulu menjadi tidak bisa diaplikasikan lagi. Oleh karena itu, dalam artikel ini aku akan menulis ulang caranya. Oke?

Kali ini, data kosmetika yang telah dinotifikasi dan data kosmetika yang teregistrasi telah digabung menjadi 1. Are you ready?

1. Langkah pertama adalah membuka website Badan POM yaitu www.pom.go.id


2. Klik bagian kanan atas yaitu bagian "Produk Teregistrasi" seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.


3. Kemudian klik bagian produk seperti yang ditandai pada gambar di atas dan pilih sesuai dengan yang diinginkan. Jika ingin mencari data tentang kosmetika, klik kosmetika.


4. Selanjutnya klik bagian yang ditandai seperti di atas. Kita bisa mencari memilih data sesuai yang kita inginkan. Kita bisa memilih mencari informasi produk dari nomor registrasinya, nama produk, merk, jumlah & kemasan, bentuk sediaan, komposisi dan nama pendaftar. Untuk mencari tau apakah kosmetika tersebut terdaftar atau tidak, kita bisa memasukkan data berdasarkan apa yang ada pada kemasan kosmetika tersebut, misalnya dengan memilih nama produk, merk atau nama pendaftar. Setelah itu, ketik nama produk, merk, atau nama pendaftar tersebut pada kotak di sebelahnya dan tekan enter.


5. Gambar di atas adalah contoh data yang kudapatkan jika mengetik nama produk yaitu sabun.

Untuk memastikan kita telah mencari di semua database, kita juga bisa mengecek ke data produk yang telah dinotifikasi. Langkah-langkahnya sama dengan yang kutulis di artikelku yang sebelumnya, hanya saja letak databasenya di situs Badan POM berubah menjadi di sebelah kanan bawah, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:



Oke. Semoga update ini bermanfaat!

Reactions:

0 comments:

Post a Comment