Friday, July 4, 2014

Ayo Laporkan Efek Samping Kosmetika ^^

Meskipun sering dianggap sebagai produk berisiko rendah (low risk), penggunaan kosmetika dapat memicu timbulnya berbagai efek samping, mulai dari yang ringan seperti gatal-gatal, yang mengganggu seperti timbulnya jerawat, sampai yang parah seperti kerontokan rambut, bengkak dan dermatitis. Beberapa contoh efek samping tersebut antara lain:
  • Dermatitis Kontak



Terjadi akibat kontak antara kulit dengan bahan kosmetik yang bersifat alergen atau iritan yang dapat menimbulkan alergi atau iritasi.

  • Jerawat
Apabila kosmetika tersebut tidak cocok dengan kulit kita, bukannya dapat mempercantik tetapi malah menimbulkan jerawat pada wajah.

  • Radang selaput mata (alergic conjungtivitis)  
Biasanya terjadi akibat masuknya partikel mascara, eye shadow atau eye liner ke dalam mata. 


  • Infeksi mata ringan sampai berat
Terjadi akibat pemakaian kosmetik yang tercemar kuman. Makanya jangan lupa menjaga kebersihan aplikator kosmetika dan selalu tutup wadahnya setelah digunakan. 
  • Rasa tersengat (stinging) dan rasa terbakar (burning
Terjadi akibat iritasi oleh zat yang masuk ke mata  atau kontak dengan kulit.

  •  Bengkak pada wajah

Penggunaan pewarna rambut dapat menimbulkan reaksi alergi yang parah seperti gambar di atas.

  • Kerontokan rambut


  • Perubahan warna kuku 


Bila mengalami efek samping seperti di atas, hal yang perlu dilakukan adalah:
  1. Segera hentikan pemakaian dan konsultasi ke dokter bila diperlukan. 
  2. Menelpon layanan pengaduan konsumen ke industri atau pihak yang bertanggungjawab atas peredaran kosmetika tersebut di pasaran. 
  3. Hal yang tidak kalah pentingnya bagi konsumen dan tenaga kesehatan adalah untuk selalu melaporkan kejadian yang tidak diinginkan akibat penggunaan kosmetika ke Badan POM. Dengan demikian, Badan POM dapat melakukan tindakan pengawasan dan penetapan persyaratan teknis yang lebih baik.
Lalu, bagaimana caranya melaporkan kosmetika ke Badan POM? Caranya gampang sekali kok! Dengan kemajuan teknologi, kini semua laporan tentang efek samping kosmetika dapat dilakukan secara online. Begini langkah-langkahnya. Baca baik-baik ya.

1. Buka situs mesotsmkos.pom.go.id. Kalian akan melihat tampilan seperti di bawah ini:



2. Lalu klik bagian Efek Samping Kosmetika yang tertera di bagian sebelah kanan atas. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Selanjutnya, klik next seperti yang ditunjukkan oleh anak panah.


3. Kemudian akan muncul pilihan seperti dibawah ini. Pilihlah yang sesuai dengan kalian, apakah sebagai konsumen, tenaga kesehatan, atau industri.


4. Selanjutnya akan muncul form seperti di bawah ini. Silahkan diisi sesuai data diri, efek samping serta kosmetika yang digunakan. Jika sudah selesai, tinggal tekan submit.


Bagaimana? Mudah kan? Kalian juga bisa melaporkan efek samping Obat Tradisional maupun Suplemen Makanan di situs ini dengan cara yang kurang lebih sama. Jangan lupa sebarkan informasi ini ke teman-teman dan keluarga kalian ya. Demi keamanan kosmetika yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat ^^.

Disclaimer: All pictures above is not mine and used as educational purposes only. Credit to the owner.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment