Friday, July 11, 2014

Obat Herbal Ilegal Mengandung BKO

Beberapa waktu yang lalu, salah seorang temanku menanyakan tentang obat tradisional yang bernama Amuraten. Dia curiga bahwa obat tersebut merupakan obat tradisional mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) karena sebagian besar orang yang menggunakannya mengatakan bahwa obat tersebut berefek sangat cepat. Cepat lambatnya efek merupakan salah satu indikator yang bisa digunakan untuk membedakan obat tradisional biasa dengan yang mengandung BKO. Tentu saja tidak semua seperti itu. Obat tradisional untuk mengatasi rasa mual seperti jahe memiliki efek yang cepat. Akan tetapi untuk beberapa jenis obat tradisional terutama yang digunakan untuk mengatasi rasa sakit seperti pegal linu, efek obat tradisional tersebut tidak bisa cepat karena efeknya lebih ke arah mencegah dan memelihara kesehatan. Oleh karena itu, jika ada yang berefek cespleng, patut dicurigai ada campuran BKOnya.

Masih banyak obat tradisional mengandung BKO yang ilegal dan mencantumkan nomor registrasi fiktif. Seperti Amuraten yang kusebutkan di atas yang ternyata merupakan produk ilegal. Banyak yang tertipu karena merasa produk yang mencantumkan nomor registrasi dari BPOM pasti terjamin keamanannya. Padahal tidak juga. Masih banyak pengusaha tidak jujur yang menipu dengan mencantumkan nomor fiktif. Sayangnya tingkat kewaspadaan masyarakat dan sosialisasi Badan POM terhadap obat tradisional berbahaya masih rendah sehingga masih banyak yang tertipu nomor fiktif tersebut.



Sebelum membeli suatu obat tradisional, masyarakat dapat mengecek keaslian nomor registrasinya di situs Badan POM. Selain itu juga dapat menghubungi contact center Halo BPOM di nomor 500533. Aku juga telah mengajukan usul kepada pihak yang berwenang di Badan POM agar memberikan satu tempat khusus yang mudah diakses di situs Badan POM tentang semua produk-produk ilegal, mengandung bahan berbahaya atau tidak memenuhi persyaratan keamanan, lengkap dengan foto produknya sehingga masyarakat mudah untuk mengetahui produk-produk apa saja yang berbahaya dan harus dihindari. Semoga usul ini diakomodasi dalam waktu dekat.


Untuk sementara, berikut public warning Badan POM terkait obat tradisional berbahaya pada Oktober 2013. Silahkan dicermati apakah produk yang anda gunakan ada di dalamnya. Semua peringatan publik Badan POM dapat diakses di situs Badan POM, tinggal klik "berita" lalu pilih "siaran pers/peringatan publik" seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini. Semoga informasi ini bermanfaat^^.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment